konsultan keuangan Jember, Jawa Timur

Jasa Konsultan Keuangan Jember, Jawa Timur -
Halo, Selamat datang kembali bersama kami di Litologi Solution. Kami Litologi Solution yang mana bergerak dalam pelayanan jasa pengurusan pembuatan laporan keuangan yang mana banyak para pebisnis ingin mendapatkan isi detail tentang Kesehatan keuangan di dalam bisnisnya. Alasan mengapa saat ini para pebisnis ingin mendapatkan pelaporan keuangan yang berbeda dengan yang lain. Sebelum masuk ke ranah tentang kepengurusan pembuatan laporan keuangan, kali ini kita harus tahu terlebih dahulu tentang dasar-dasar dalam proses pembuatan laporan keuangan.

Pengertian Laporan Keuangan
Definisi dari arti laporan keuangan ini sangat banyak. Karena memang beda-beda bila kita tinjau dari kebutuhan pelaporan keuangan yang akan disajikan ke pimpinan atau atasan kita. Laporan keuang secara umum memiliki arti sebuah kumpulan catatan informasi keuangan suatu perusahaan yang mana catatan keuangan tersebut dikumpulkan di dalam satu periode akuntansi tertentu, dan digunak untuk menyajikan data-data keuangan tentang gambaran situasi kinerja di dalam suatu perusahaan.

Salah satu isinya adalah pencatatan transaksi dan pencatatan pembukuan uang yang terjadi di dalam sebuah bisnis yang sedang dijalani saat itu juga. Maksud dari transaksi disini adalah transaksi pembelian, transaksi penjualan ataupun beberapa transaksi penting dalam hal info keuangan dalam bisnis yang sedang berlangsung dan bernilai ekonomi dan moneter.

Biasanya dalam pelaporan keuangan dalam bisnis suatu perusahaan ini dibuat dalam periode tertentu. Tergantung dari kebutuhannya apakah minta dibuatkan setiap bulan sekali, setiap tahun sekali, atau bisa juga setiap periode tertentu tergantung dari kebutuhan kebijakan perusahaan. Biasanya perusahaan membuat laporan ketika periode akuntansi perusahaan mereka memasuki akhir bulan atau di akhir tahun akuntansi.

Dari beberapa informasi yang terkait format laporan keuangan akuntansi sendiri tidak hanya digunakan oleh pemilik atau manajemen, tetapi pihak-pihak lain juga memerlukan dan dapat menggunakannya. 

Poin paling penting dari semua itu adalah semua transaksi harus dicatat dengan tepat dan akurat, sehingga laporan keuangan memiliki perhitungan yang tepat yang mana akan disajikan ke pihak atasan ataupun pihak-pihak lain yang membutuhkan data pelaporannya. Karena dari segi keuntungan perusahaan, kerugian, hingga pembayaran untuk urus bagian perpajakan bergantung juga dengan laporan keuangan.

“Litologi Solution Hadir untuk Konsultan Keuangan di Jember, Jawa Timur”

Fungsi dan Tujuan Pentingnya Pembuatan Laporan Keuangan bagi Perusahaan
Tujuan dan juga fungsi dari keberadaan laporan keuangan ini sendiri adalah untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan secara umum atau keseluruhan dalam periode akuntansi tertentu. Yang mana hasil dari laporan ini akan digunakan oleh para pengguna atau berbagai pihak-pihak yang terkait soal informasi laporan ini, juga semua stakeholder yang berkepentingan dengan laporan keuangan yang disajikan.

Hasil dari pelaporan keuangan ini bisa digunakan untuk evaluasi ataupun melakukan beberapa hal pencegahan, jika ternyata ada suatu kondisi keuangan perusahaan sedang bermasalah dan memerlukan suatu evaluasi tindakan yang diperlukan.

Pihak-pihak yang berkepentingan yang sering  menggunakan data laporan ini seperti investor, kreditor, pemerintah hingga masyarakat umum. Selain tujuan tersebut, Adapun fungsi dari laporan keuangan adalah sebagai berikut :

- Untuk evaluasi tentang kondisi perkembangan bisnis dan usaha.
Untuk melakukan evaluasi dari perkembangan bisnis dan usaha, harus ada data acuan atau bahan patokan yang digunakan. Salah satu yang bisa digunakan adalah bentuk laporan yang didalamnya berisi informasi keuangan perusahaan. Dengan menggunakan data informasi keuangan perusahaan pada periode tertentu, maka akan terlihat kondisi perusahaan yang sebenarnya. 

- Untuk menilai kondisi bisnis yang butuh bantuan modal tambahan.
Setelah suatu laporan yang tersajikan diketahui kondisinya sedang rugi atau untung, maka dapat diputuskan apakah perlu untuk ditambahi modal pada usaha pada bisnis tersebut.

- Sebagai laporan pertanggungjawaban kepada stakeholder.
Laporan keuangan yang terkait juga bisa memberikan informasi tentang kondisi keuangan perusahaan, biasanya juga digunakan sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada berbagai stakeholder. 

Misalkan, jika pada perusahaan terbuka, investor dan pemegang saham akan menggunakan laporan ini untuk melihat kondisi perusahaan. Jadi, laporan ini menjadi pertanggungjawaban sebuah perusahaan untuk memberikan informasi tentang kondisi perusahaan kepada stakeholder. Dan ,hal ini juga sebagai bentuk untuk memperlihatkan kalau perusahaan tersebut merupakan perusahaan kredibel dan bisa dipercaya.

“Litologi Solution Hadir untuk Jasa Pembuatan Laporan keuangan di Jember, Jawa Timur”

Jenis Format Laporan Keuangan
Ada banyak jenis-jenis laporan keuangan di setiap perusahaan, dan perusahaan dagang termasuk ya. Menurut Standar Akuntansi Keuangan yang berlaku di Indonesia, terdapat 5 jenis laporan keuangan yang lengkap dan digunakan yang terdiri dari :

- Laporan Laba Rugi, adalah bagian dari laporan keuangan suatu perusahaan yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi yang menjabarkan unsur-unsur pendapatan dan beban perusahaan sehingga menghasilkan suatu laba atau rugi bersih.
-
- Laporan Perubahan Modal, adalah jenis laporan keuangan yang dihasilkan perusahaan untuk menggambarkan peningkatan atau penurunan aktiva bersih dan kekayaan selama periode akuntansi tertentu. Laporan perubahan modal biasanya disebut dengan ekuitas.

- Neraca, adalah bagian dari laporan keuangan dari entitas bisnis atau perusahaan yang mencatat informasi tentang aset, kewajiban, dan ekuitas dari suatu perusahaan pada di waktu periode tertentu. Laporan ini wajib dibuat oleh entitas bisnis atau perusahaan karena menjadi panduan dalam memutuskan keputusan bisnis.

- Laporan Arus Kas, adalah laporan yang memberikan informasi tentang jumlah pemasukan dan pengeluaran kas perusahaan dalam periode tertentu.

- Catatan atas laporan keuangan, adalah catatan atau informasi tambahan yang ditambahkan ke bagian akhir laporan keuangan. Hal ini bertujuan untuk tersedianya tambahan informasi kepada pembaca.

“Litologi Solution Hadir untuk Jasa Konsultan Akuntan di Jember, Jawa Timur”

Dari kelima jenis laporan tersebut masing-masing memiliki fungsi dan peranan tersendiri dalam agenda pelaporan keuangan pada suatu perusahaan atau bisnis. Tapi, biasanya setiap perusahaan itu memiliki kebutuhan masing-masing sehingga pelaporan yang kita bahas di atas memiliki penggunaan yang berbeda-beda.

Dan yang terpenting untuk dipahami adalah sebuah perusahaan tidak wajib membuat semua laporan tersebut, karena dari masing-masing jenis laporan di atas perusahaan membuatnya hanya yang sesuai dengan kebutuhan yang mereka inginkan.

Penggunaan juga harus memiliki dasar akan kebutuhan perusahaan, maka penting penting bagi bagian akunting terutama, untuk mengetahui fungsi dari masing-masing jenis laporan keuangan secara jelas. Sehingga tidak perlu lagi untuk mengeluarkan usaha yang percuma atau gagal menghasilkan laporan keuangn dengan informasi yang reliable.

Selain itu, para staf akunting juga harus menyiapkan susunan laporan yang berkesinambungan satu dengan yang lainnya, agar proses informasi keuangan di perusahaan lebih tertata dengan sangat baik. Tapi, untuk di jaman sekarang, tugas seorang akuntan bisa dikerjakan lebih mudah dengan berbagai program atau aplikasi yang memadai.

“Litologi Solution Hadir untuk Jasa Audit Keuangan di Jember, Jawa Timur”

Keterbatasan Laporan Keuangan
Meskipun saat ini laporan keuangan memberikan banyak informasi yang penting tentang perusahaan, ada kalanya laporan keuangan ini memiliki keterbatasan. Pernyataan tersebut terbuka untuk diinterpretasikan, dan akibatnya investor sering kali menarik kesimpulan yang sangat berbeda secara umumnya tentang kinerja keuangan perusahaan.

Misalnya, ada beberapa investor yang mungkin menginginkan pembelian kembali saham sementara investor lain mungkin lebih menyukai melihat bahwa uang diinvestasikan dalam aset jangka Panjang. Tingkat hutang mungkin terlihat baik-baik saja untuk satu investor sementara yang lain mungkin memiliki kekhawatiran tentang tingkat hutang perusahaan. 

Saat menganalisis laporan keuangan tersebut, penting untuk membandingkan beberapa periode akuntansi, yang mana untuk menentukan apakah ada tren serta apakah bisa membandingkan hasil perusahaan dan rekan-rekannya di industri yang sama.

Dan kembali lagi tentang kami sebagai dari tim Litologi Solution yang mana kami sudah dipercaya bagi kalangan pengusaha untuk membantu mereka dalam hal jasa pengurusan pembuatan laporan keuangan di bisnis maupun perusahaan mereka. Tidak hanya itu, kami juga melayani banyak permintaan dari kalangan pengusaha dalam hal pengurusan atau jasa pengurusan atau penyedia berbagai jasa seperti, jasa pembuatan/ pendirian PT, CV, Yayasan, Firma hingga UD. 

Bagi Anda yang ingin  membutuhkan jasa  dari kami bisa langsung untuk menilik informasi kami dahulu lewat web jasapengurusan.web.id, atau bisa datang ke tempat kantor kami berada. Kami juga beroperasi dan berekspansi di wilayah Indonesia guna untuk turut membantu para pebisnis dengan permintaan akan kebutuhan dan keinginan mereka.

Kenapa Anda Harus Memilih Kami sebagai Partner Anda?
Ini alasannya kenapa Anda harus bergabung dan harus memilih kami sebagai tempat yang tepat untuk membantu dalam proses pembuatan laporan keuangan bisnis maupun perusahaan Anda.

1. Yang Pertama, tim Litologi Solution selalu menekankan dalam mengurus berbagai hal keperluan Anda yang paling utama dalam hal pengurusan jasa pembuatan laporan keuangan, karena kami selalu mengutamakan kepuasan dalam hal kecepatan pelayanan dari kami untuk Anda.

2. Yang Kedua, Anda tak perlu mengurus dokumen-dokumen yang kelihatannya mungkin repot dan ribet. Konsultasikan bersama kami dan kami akan kerjakan apa yang Anda butuhkan. Karena Litologi Solution akan siap membantu Anda dalam kepengurusan pembuatan laporan keuangan ini. 

3. Yang Ketiga, Litologi Solution selalu mengutamakan kualitas, dalam layanan dari kami akan kami kerjakan dengan berbekal tim yang profesional dan dalam perjanjian kerja kami memberikan garansi untuk Anda.

Adapun jasa konsultan keuangan Jember, Jawa Timur kami tawarkan adalah:
1. Pembuatan Laporan Keuangan baik bulanan dan tahunan , dalam bentuk :
– Neraca ( Balance Sheet )
– Laporan Laba Rugi ( Income Statement )
– Buku Besar ( General Ledger )
2. Laporan Perubahan Modal.
3. Laporan Arus Kas.
4. Analisa Keuangan.
5. Analisa Anggaran.

Berapa biaya jasa pembuatan laporan keuangan Jember, Jawa Timur?
Untuk masalah harga silahkan hubungi customer service kami di bawah untuk mendapatkan harga yang bersahabat.

Terima kasih telah menyempatkan waktu untuk membaca artikel tentang Jasa akuntan Jember, Jawa Timur dari kami. Jika Anda tertarik dengan penawaran yang kami berikan Anda dapat menghubungi nomor kami dibawah.