Inilah Sejarah Evolusi Terbentuknya Digital Marketing
Inilah Sejarah Evolusi Terbentuknya Digital Marketing

Inilah Sejarah Evolusi Terbentuknya Digital
Marketing

Assalamualaikum, salam hangat dan sehat selalu. Sebuah tulisan tentu mempunyai maksud dan tujuannya sendiri, begitu pun dengan tulisan ini. Maksud dan tujuan penulisan ini adalah agar Anda mendapat pengetahuan bagaimana sih Evolusi Terbentuknya Digital Marketing? Selain itu, masih banyak lagi informasi di maboormedia.web.id seperti 5 Jenis Marketing yang Paling Diminati. Yuk langsung saja simak artikelnya!

 

Pengertian Evolusi

Evolusi adalah proses perubahan secara berangsur-angsur (bertingkat) dimana sesuatu berubah menjadi bentuk lain (yang biasanya) menjadi lebih kompleks/ rumit ataupun berubah menjadi bentuk yang lebih baik. Berbeda dengan revolusi, proses evolusi biasanya berlangsung lama. Nah sudah taukan sekarag apa itu evolusi. Sekarang  kita akan membahas mengenai evolusi digital marketing.

 

Evolusi Digital Marketing

Dimulai abad ke-21, email sangat berpengaruh di semua jenis bisnis. Pemasar mengklaim bahwa mengirimkan email adalah cara yang efektif untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Email adalah saluran terpenting dunia digital karena sangat sering digunakan dan diadopsi secara universal.

 

Mayoritas orang memiliki setidaknya satu alamat email. Dalam lingkungan bisnis, email memainkan peranan yang penting dalam komunikasi. Email dapat memberikan keuntungan yang signifikan dibandingkan bentuk komunikasi lainnya, yaitu gratis, praktis, dan mudah untuk meninjau apa saja yang telah dikirim dan diterima.

 

Peluncuran Komputer Personal Pertama

Kehadiran dari teknik digital marketing sebagai sebuah strategi pemasaran yang efektif tidak bisa lepas dari penggunaan komputer. Lahirnya digital marketing dapat ditinjau kembali ke tahun 1980-an ketika IBM menciptakan sebuah komputer personal pertama di dunia yang dengan cepat berkembang menjadi alat yang ampuh untuk mengakumulasi informasi pengguna. Dengan kata lain, kemunculan komputer personal juga melahirkan basis data digital pertama yang selamanya akan mengubah hubungan antara produsen dan pembeli.

 

Memasuki tahun 90-an, terjadi sebuah perubahan besar bagi dunia teknologi. Peluncuran world wide web (WWW) pada tahun 1991 mendapat antusiasme yang tinggi dari banyak orang. Penemuan teknologi baru tersebut berdampak ke semua bidang, termasuk pemasaran. Berikut adalah timeline evolusi digital marketing di tahun 90'an:

1991, Pengenalan sebuah protokol jaringan "Gopher", salah satu alat pencarian dan query jaringan yang pertama. Gopher selama beberapa tahun telah digunakan secara luas, tetapi sekarang penggunaannya menurun, dengan hampir 100 server Gopher yang sudah diindeks.

1994, Yahoo diluncurkan. Sebelumnya, Yahoo dikenal sebagai Jerry's Guide to the World Wide Web yang diambil dari nama salah satu pendirinya, Jerry Yang. Dalam tahun pertamanya, Yahoo menerima lebih dari 1 juta klik. Lycos juga diluncurkan pada tahun 1994. 

Inilah Sejarah Evolusi Terbentuknya Digital Marketing
Inilah Sejarah Evolusi Terbentuknya Digital Marketing

Pada tahun yang sama, diadakan pertemuan pertama World Wide Web Consortium (W3C) yang sekarang menjadi badan standar internasional utama untuk internet. W3C menetapkan banyak arsitektur dan standar untuk pengkodean yang akan digunakan oleh mesin pencari untuk menetapkan skor kualitas sebuah situs web. Pada saat itulah perusahaan pertama kali mulai mengoptimalkan situs web mereka untuk mencapai peringkat yang lebih tinggi di halaman mesin pencari.

 

Kegiatan pemasaran digital dimulai seiring dengan peluncuran Yahoo! dan Netscape pada tahun 1994. Yahoo sendiri telah menarik satu juta pengguna baru dalam setahun. Antara tahun 1994 dan 1996 jumlah pengguna internet meningkat lebih dari empat kali lipat, melonjak dari 16 menjadi 70 juta. Banyak perusahaan besar kemudian mulai untuk mengoptimalkan situs web mereka agar bisa muncul di bagian teratas halaman hasil pencarian.

 

1995, Peluncuran Infoseek, sebuah mesin pencari awal yang populer saat itu.

1996, Berbagai mesin pencari dan alat telusur diluncurkan, termasuk HotBot, LookSmart, dan Alexa.

1970-an, Telepon genggam diperkenalkan pertama kali dan sejak saat itu terus mengalami perkembangan. Namun, teknologi smartphone diinisiasi oleh perusahaan BlackBerry. Dirilis pada tahun 2003, Blackberry memungkinkan sesama pengguna untuk dapat mengirim email melalui perangkat mereka untuk pertama kalinya, terhubung satu sama lain melalui BlackBerry Messenger (BBM), dan sangat disukai oleh pelaku usaha dan pemerintah karena keamanan jaringann.

2007, Apple merilis iPhone pertama. Hal ini menunjukkan awal dari era smartphone yang sebenarnya dan memungkinkan seorang pemasar untuk dapat menjangkau target konsumen mereka dengan lebih akurat dan dapat tetap terhubung dalam jangka waktu yang lebih lama. Kehadiran smartphone menyebabkan peningkatan dalam menggunakan media sosial sehingga menjadi kesempatan untuk meningkatkan peluang pemasaran.

1998, Di tahun ini lebih banyak mesin pencari yang diluncurkan dengan beberapa nama baru yang muncul untuk pertama kalinya. Google didirikan sebagai perusahaan swasta oleh Larry Page dan Sergey Brin. Beberapa tahun kemudian nilai perusahaannya mencapai US$23 miliar. Kemudian, Microsoft juga tidak mau kalah dengan meluncurkan MSN Search Engine pada tahun 1998, disusul Yahoo dengan Yahoo Web Search.

2000-an, tidak hanya menjadi evolusi bagi digital marketing, tetapi juga berdampak pada kemajuan teknologi. Pada tahun 2004, Google dibuka untuk umum dan pada bulan Juni 2007 iPhone pertama diluncurkan.

 

Pada pertengahan dekade, perilaku konsumen dalam membeli berubah. Konsumen makin sering mencari produk atau layanan secara online. Mereka lebih senang untuk mencari, memperoleh, dan membandingkan informasi melalui mesin pencari seperti Google, Bing, atau Yahoo.

 

Perubahan kebiasaan dalam membeli inilah yang menjadi tantangan bagi seorang pemasar untuk bisa mendapatkan wawasan tentang pola transaksi yang baru. Munculnya situs media sosial seperti LinkedIn, MySpace, Facebook, dan Twitter memungkinkan penggunaan big data menjadi makin penting karena orang-orang suka mem-posting banyak informasi pribadi di platform digital.

 

Digital Marketing Zaman Sekarang

Sejak zaman dial-up, internet telah tersedia untuk sebagian besar orang. Warung internet (warnet) sudah tersedia di mana-mana sehingga setiap kalangan dapat mengaksesnya dengan mudah. Wi-Fi juga tersedia hampir di mana saja, dan bila tidak, pengguna memiliki akses ke data seluler yang ditawarkan oleh setiap penyedia layanan seluler saat ini.

 

Aplikasi untuk mengirim pesan telah berkembang dari hanya dapat mengirimkan pesan teks sederhana menjadi gambar, video, gif, emoji, dan bitmojies. Faktanya, penggunaan teks untuk mengirim pesan mulai berkurang dengan hadirnya penggunaan fitur video-sharing seperti SnapChat, Instagram Stories, Facebook Stories, dll.

 

Selain itu, aplikasi panggilan video seperti Skype, FaceTime, WhatsApp, dan sebagainya telah meningkatkan kualitas streaming video lebih tinggi. Dengan makin banyaknya pengguna yang terlibat dalam konferensi web/video online, makin tidak ada batasan untuk melakukan komunikasi.

 

Kegiatan bisnis juga menggunakan cara yang sama sehingga dapat berbicara satu sama lain secara langsung. Dampak dari perkembangan teknologi komunikasi inilah yang menjadikan seseorang lebih mudah untuk dapat terhubung dengan orang lain, serta menjangkau semua orang di seluruh dunia dengan cepat.

 

Sekarang, melakukan kegiatan digital marketing menjadi lebih mudah, ditambah lagi dengan pengguna internet yang makin bertambah setiap harinya sehingga dapat meningkatkan kesempatan bagi produk Anda untuk diakses oleh banyak orang.

 

Semoga informasi yang kami sampaikan tentang Sejarah Evolusi Terbentuknya Digital Marketing  menjadi manfaat bagi Anda yang membacanya. Terima kasih atas waktunya di Maboor Media, sampai jumpa lain waktu!