Seputar Marketing Bauran Pemasaran Yang Perlu Kalian Ketahui
Seputar Marketing Bauran Pemasaran Yang Perlu Kalian Ketahui


Seputar Marketing Bauran Pemasaran Yang Perlu Kalian Ketahui

Halo para pembaca sekalian! Selalu jaga kesehatan dimasa pandemi ini ya. Simak artikel kami di maboormedia.web.id! Kami penyedia jasa seputar digital marketing yang sekarang menyediakan informasi Marketing Bauran Pemasaran yang siap membantu Anda. Oh ya, kami juga pernah membahas tentang Jasa Pengurusan Firma Surabaya yang bisa Anda periksa sekarang juga. Baiklah tanpa basa-basi lagi mari lanjut ke artikel berikut ini!

 

Salah satu tujuan dari marketing adalah memastikan agar produk atau jasa yang dibuat oleh perusahaan dikenal masyarakat sehingga nantinya perusahaan dapat mendapatkan laba dari penjualannya. Maka tidak aneh saat sebuah perusahaan rela mengeluarkan banyak biaya untuk membuat strategi pemasaran.

 

Strategi pemasaran sebenarnya tidak hanya untuk perusahaan besar, perusahaan kecil  juga harus memilikinya, contohnya seperti strategi pemasaran 4P. Strategi pemasaran 4P merupakan kumpulan alat pemasaran taktis yang terdiri dari product (produk), price (harga), place (tepat) dan promotion (promosi) yang dipadukan agar menghasilkan respon yang diinginkan di pasar. Lalu bagaimana cara mengaplikasikannya secara langsung pada suatu usaha? Simak ulasan berikut.

 

Seputar Marketing Bauran Pemasaran Yang Perlu Kalian Ketahui
Seputar Marketing Bauran Pemasaran Yang Perlu Kalian Ketahui

Strategi pemasaran 4P, terdiri dari:

  1. Product

Produk adalah apa yang dapat dijual perusahaan kepada pelanggan. Penting untuk mengetahui betul kebetuhan pelanggan, sehingga kamu dapat memberikan produk atau jasa sesuai permintaan dan kebutuhan pelanggan.

 

  1. Price

Harga merupakan salah satu hal yang sensitif dalam sebuah bisnis. Umumnya, konsumen akan menjadikan harga sebagai patokan untuk membandingkan Anda dengan kompetitor. Sehingga, penting untuk Anda menentukan harga yang baik, karena harga akan berpengaruh terhadap penjualan. Jangan sampai Anda salah menentukan harga yang membuat konsumen menjadi tidak tertarik untuk membeli produk atau jasa Anda.

 

Lalu bagaimana menentukan harga yang baik? Untuk menentukan harga sebenarnya mudah, Anda dapat melihat harga pasar atau dengan menghitung HPP dan profit yang diinginkan dan sebagainya. Intinya, harga yang Anda tawarkan atau tetapkan sebaiknya adalah harga yang masuk akal.

 

  1. Place

Place atau Tempat atau lokasi merupakan salah satu faktor penentu bisnis Anda. karenanya pilihlah lokasi yang tepat atau yang pas. Maksudnya pilihlah lokasi yang strategis dan benar. Lokasi yang strategis merupakan lokasi yang ramai, dilalui oleh banyak orang. Sehingga calon konsumen dan konsumen tertarik serta mudah untuk menemukan tempat jualan Anda.

 

Namun, strategi saja tidak cukup, perlu ada kata tempat yang pas atau tepat. Mengapa demikian? Karena tempat yang strategi jika tidak tepat atau pas juga tidak memiliki efek apapun.

 

  1. Promotion

Promosi merupakan ujung tombak untuk memperkenalkan produk atau jasa Anda kepada masyarakat. Dengan strategi pemasaran yang baik, maka diharapkan penjualan juga akan meningkat.

 

Kini kegiatan pemasaran atau promosi lebih mudah dilakukan, Anda dapat memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Instagram,  memasang iklan, kerja sama sponsorship, mengikuti bazar dan banyak lagi.

 

Itulah pengertian dan cara menerapkan strategi pemasaran 4P. Mudah bukan? Tidak harus memiliki usaha bisnis yang besar untuk menerapkan strategi 4P ini. Justru apapun bisnis Anda, adalah hal yang harus Anda kuasai untuk menerapkan strategi ini dengan maksimal. Tapi ingat, tidak ada strategi yang sama satu dan lainnya. Sesuaikan kondisi lokasi, target promosi, daya beli konsumen, hingga produk Anda dengan situasi sekitar.

 

Nah bagaimana sekarang Anda telah mengetahui Seputar Marketing Bauran Pemasaran Yang Perlu Kalian Ketahui, Sekarang saatnya, Anda mencoba melakukan strategi pemasaran 4P tersebut. Semoga bermanfaat bagi Anda yang membacanya. Terimakasih sudah meluangkan waktu Anda di Maboor Media, sampai jumpa lain waktu!