Inilah Jenis Pemasaran Offline Yang Masih Populer

Inilah Jenis Pemasaran Offline Yang Masih
Populer

Hallo kembali lagi di website kami maboormedia.web.id yang pastinya selalu ditunggu-tunggu ada apalagi ya hari ini? Pada post sebelumnya, kami sudah memberikan informasi mengenai Layanan Sablon Jogja ID Untuk kali ini, kami menyediakan informasi mengenai Jenis Pemasaran Offline! Penasaran? Langsung simak saja yuk artikelnya.

 

Tentang Strategi Pemasaran

Saat ini, banyak sekali perusahaan (baik besar maupun startup) yang mulai melakukan strategi marketing secara online. Selain lebih mudah dan ramah biaya, strategi marketing secara online dapat membuat perusahaan iklan atau promosi yang dilakukan perusahaan dapat dijangkau secara luas. Walau begitu, sejumlah perusahaan juga masih menerapkan strategi offline marketing. Mengapa demikian? Karena, strategi offline marketing masih relevan bagi perusahaan, terutama untuk keperluan marketing mereka.

 

Strategi Pemasaran Offline sendiri terdiri atas beberapa jenis. Apa saja sih strategi pemasaran offline yang masih digunakan?

 

  1. Membagikan kartu nama

Strategi offline marketing ini masih dipakai karena sangat efektif, utamanya dalam mengenalkan diri si perusahaan. Selain itu, strategi offline marketing ini juga bisa menjadi jalan penghubung antara perusahaan dengan klien dan konsumennya.

 

Hal itu dikarenakan perusahaan biasanya selalu mengisi kartu nama dengan nama dan kontak (entah nomor telepon, email, atau bahkan keduanya) dari pihak perusahaan itu sendiri. Pencantuman dua informasi itulah yang membuat mereka dikenal dan bisa dihubungi oleh klien dan konsumen mereka.

 

  1. Memakai Iklan Baris Offline

Meski saat ini sudah banyak yang beriklan lewat iklan baris online, penggunaan iklan baris offline sebagai strategi offline marketing nyatanya masih dipakai. Hal itu bisa dilihat dari masih banyaknya iklan baris di koran ataupun majalah. Iklan baris offline sendiri memang biasanya bisa dilakukan oleh sejumlah media offline, utamanya koran dan majalah. Iklan baris offline biasanya diselipkan di beberapa bagian halaman media offline.

 

Misalnya: di atas halaman, di tengah maupun bawah. Bahkan di beberapa media offline tertentu (khususnya koran), iklan baris offline biasanya diletakkan secara eksluksif di satu halaman penuh yang disediakan khusus oleh pihak media tersebut.

 

  1. Menggunakan Advetorial di Koran dan Majalah

Selain iklan baris, perusahaan biasanya sering memakai advetorial di koran dan majalah. Advetorial sendiri merupakan strategi periklanan dan strategi offline marketing yang disajikan dengan gaya bahasa jurnalistik. Lebih sederhananya, advetorial adalah sebuah iklan yang ditulis dengan gaya bahasa berita atau artikel, sehingga bentuknya mirip dengan berita atau artikel di media cetak (utamanya koran dan majalah).

 

Strategi offline marketing ini sangat cocok, utamanya bagi perusahaan yang ingin beriklan atau melakukan marketing secara halus dan persuasif. Bila perusahaan hendak memakai strategi offline marketing ini, pihak perusahaan biasanya meminta langsung ke pihak media (baik koran atau majalah) untuk membuatkan advetorial. Pihak perusahaan hanya tinggal memberikan sejumlah data yang nanti akan dituangkan ke dalam advetorial yang hendak dibuat.

 

  1. Membagikan brosur

Membagikan brosur masih kerap sekali kita temui. Biasanya di pinggir jalan atau disuatu acara. Sebetulnya, strategi offline marketing ini terbilang berisiko. Selain biayanya cukup mahal, brosur juga rentan hilang dan juga mudah dirobek atau dirusakkan. Kendati begitu, strategi offline marketing ini masih tetap dipakai perusahaan.

 

Selan itu, membagikan brosur juga cocok dipakai, utamanya bila perusahaan hendak melakukan strategi offline marketing secara informatif dan singkat. Hal itu wajar mengingat brosur biasanya berisi informasi-informasi tertentu tentang perusahaan secara singkat. Seperti: informasi produk terbaru perusahaan; info diskon atau potongan harga; dan lain sebagainya.

 

Itulah beberapa Jenis Pemasaran Offline Yang Masih Populer dan masih digunakan banyak perusahaan hingga kini. Kesemua jenis strategi offline marketing yang telah disebutkan di atas masih dipakai karena sejumlah alasan. Salah satunya adalah karena sejumlah strategi offline marketing tersebut masih sangat relevan untuk beberapa keperluan marketing perusahaan. Semoga bermanfaat, terimakasih sudah meluangkan waktunya di Maboor Media, sampai jumpa lain waktu!