Siap Berbisnis Harus Tau Dong! Inilah Fungsi dari Marketing
Siap Berbisnis Harus Tau Dong! Inilah Fungsi dari Marketing


Siap
Berbisnis Harus Tau Dong! Inilah Fungsi dari Marketing

Halo para pembaca sekalian! Salam hangat semoga sehat selalu dan tetap semangat ya. Untuk mengawali hari Anda yang cerah ini pastinya harus bahagia, apakah masih ada masalah yang belum terselesaikan dan masih merasa gundah? Nah ini adalah saat yang tepat, mampir dan baca di website kami maboormedia.web.id! Kami siap membantu dan mencari solusi untuk masalah Anda. Seperti 5 Jenis Marketing pada artikel sebelumnya, kami mencarikan solusi Anda dengan menyediakan Fungsi dari Marketing. Langsung saja simak artikelnya yuk!

 

Marketing memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah perusahaan. Dengan adanya marketing, para konsumen tidak perlu memenuhi kebutuhannya sendiri. Karena dengan melakukan pertukaran dengan para pelaku marketing, konsumen dapat memenuhi kebutuhan maupun kepuasannya dengan mendapatkan produk ataupun jasa. Dengan begitu sebagai marketing harus tahu dan bisa memfungsikan marketingnya.

 

Berikut adalah Fungsi Marketing yang jarang diketahui:

  1. Pertukaran

Dengan marketing, konsumen dapat membeli produk yang berasal dari produsen, baik itu dengan menukar uang dengan produk maupun melakukan pertukaran produk dengan produk untuk digunakan sendiri ataupun untuk dijual kembali.

  1. Distribusi Fisik

Distribusi fisik pada produk dilakukan dengan cara mengangkut dan menyimpan produk. Produk yang berasal dari produsen akan memenuhi kebutuhan para konsumen dan disalurkan melalui darat, air, atau udara. Lalu penyimpanan produk dilakukan dengan cara mengendapkan dan menjaga pasokan produk supaya tidak terjadi kekurangan pada saat diperlukan.

  1. Perantara

Untuk dapat menyampaikan produk dari produsen kepada konsumen, dilakukan lewat perantara pemasaran atau marketing yang menghubungkan aktivitas pertukaran dengan distribusi fisik. Aktivitas fungsi perantara, seperti pembiayaan, pencarian informasi, pengelompokan produk, dan lainnya.

  1. Sebagai Sales

Tugas utama marketing yaitu menghasilkan pemasukan bagi perusahaan dengan cara melakukan penjualan terhadap produk yang dihasilkan oleh perusahaan.

  1. Berperan sebagai Promosi

Marketing berfungsi untuk memperkenalkan perusahaan dan produk yang dihasilkannya kepada masyarakat luas, sehingga perusahaan dan produknya dapat dikenal.

  1. Riset dan Pengembangan

Marketing juga berfungsi sebagai penyerap berbagai macam informasi dan menyampaikannya pada perusahaan yang berkaitan tentang apa saja yang bermanfaat untuk mendukung dalam peningkatan kualitas maupun penjualan produk yang dihasilkan oleh perusahaan.

  1. Berperan sebagai Marketing Communication

Marketing dapat berperan untuk membuat hubungan yang baik antara perusahaan dan masyarakat, atau perusahaan dan lingkungan sekitarnya.

Pentingnyamengetahui fungsu dari marketing dalam perusahaan sangat membantu konsumen untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan mereka akan produk maupun jasa. Dengan demikian marketing mennjadi ujung tombak perusahaan dalam mempromosikan dan memasarkan produk atau jasa kepada konsumen.

 

Demikianlah pembahasan mengenai Fungsi dari Marketing dalam perusahaan yang jarang diketahui. Terimakasih sudah meluangkan waktu Anda di Maboor Media, semoga bermanfaat, dan sampai jumpa di artikel berikutnya yang pastinya dengan informasi-informasi yang lebih menarik lagi!