Inilah Cara Memahami Customer Anda

Inilah Cara
Memahami Customer Anda

Assalamualaikum, tidak terasa ya sudah ketemu lagi. Pasti sudah haus informasi ya? Tenang, Anda sedang berada di zona yang pas berkunjung di website kami maboormedia.web.id. Kami selalu memberikan sajian informasi Digital Marketing yang dijamin informatif dan bisa menjadi solusi untuk Anda. Pada sebelumnya, kami sudah menyediakan informasi mengenai Kisah Pengusaha Sukses yang Mendunia, bisa Anda klik untuk membacanya. Untuk kali ini, kami sediakan info Cara Memahami Customer untuk Anda. Langsung simak saja kelanjutannya yuk.

 

Seringkali kita mendengar atau membaca aturan yang sepertinya sudah berlaku secara universal terkait dengan layanan kepada customer, diantaranya: customer adalah raja, customer adalah sumber keuntungan bisnis Anda, dan masih banyak lainnya. Jika sekarang Anda ditanya siapa customer Anda sebenarnya, apakah Anda bisa menjawab atau menjelaskannya? Nah dari situ, sekarang kita akan mencoba memahami makna dari customer itu sendiri dan siapa saja mereka sebenarnya.

 

Tentang Customer

Customer pada dasarnya adalah sebutan bagi mereka yang memperoleh value dari Anda – ingat kembali definisi layanan yaitu menciptakan value untuk orang lain, yang sudah membeli atau memanfaatkan produk (barang atau jasa) yang Anda jual dan sudah Anda layani selama ini, yang baru akan membeli atau memanfaatkan produk yang Anda jual dan baru akan Anda layani. Kategori ini biasanya disebut dengan prospek.

 

Nah Untuk memahami pelanggan Anda dengan baik, Anda perlu memperhatikan mereka setiap kali Anda berada dalam kontak dengan mereka. Manfaat potensial yang besar: Anda dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dan peluang bisnis baru melalui rekomendasi positive word-of-mouth.

 

Berikut adalah kumpulan cara memahami customer Anda:

  1. Tempatkan diri Anda pada posisi pelanggan

Memahami pelanggan mengharuskan Anda untuk mengambil dengan melihat serius pada titik-titik di mana pelanggan Anda memiliki kontak dengan bisnis Anda. Dapat termasuk pertemuan dan kunjungan, panggilan telepon, surat-menyurat dan pengiriman.

 

Keluhan pelanggan yang paling umum sedang terus menunggu. Jika Anda lambat untuk menanggapi panggilan atau memenuhi pesanan, maka Anda berada dalam bahaya kehilangan pelanggan. Di atas semua, pelanggan ingin Anda untuk memberikan apa yang telah dijanjikan dan melampaui harapan mereka. Sebagai perusahaan kecil, Anda dapat menawarkan layanan pribadi . Jika Anda ingat nama pelanggan dan mengingat percakapan terakhir dengan mereka, Anda dapatmencerahkan hari mereka. Mereka juga akan memberitahu teman-teman mereka layanan hebat yang Anda berikan.

 

Memahami pelanggan Anda dan meningkatkan layanan Anda harus menjadi prioritas bisnis Anda. Semua orang dari direktur hingga staf pengiriman harus fokus untuk melebihi harapan pelanggan.

 

  1. Menggunakan data untuk memahami pelanggan Anda

Database atau sistem manajemen hubungan pelanggan  menyimpan informasi berharga tentang pelanggan Anda yang akan membantu Anda untuk memahami kebutuhan mereka.

 

Menyelidiki data yang Anda pegang pada pelanggan dapat memberitahu Anda lebih banyak. Carilah pola sehingga Anda dapat melihat ketika pelanggan membuat pesanan. Anda juga dapat menggunakan data untuk menganalisis kinerja dari yang Anda lakukan. Periksa seberapa cepat Anda merespon perintah atau mengirim barang.

 

Sistem manajemen hubungan pelanggan lebih canggih daripada dengan cara mailing-list. Karena mereka menyimpan informasi tentang perilaku pelanggan dan preferensi mereka dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Mereka dapat membantu Anda untuk mengidentifikasi kebutuhan pelanggan secara lebih efektif, memungkinkan Anda untuk up- selling dan cross-selling, dan meningkatkan profitabilitas.

 

  1. Tanyakan kepada pelanggan Anda apa yang mereka pikirkan

Melakukan survei kepuasan pelanggan akan membuat pelanggan Anda merasa dihargai . Anda juga akan mendapatkan wawasan berharga . Tapi jangan meminta umpan balik jika Anda tidak siap untuk membuat perubahan. Karena ketika Anda akan melakukan perbaikan, beritahulah pelanggan Anda apa yang telah Anda lakukan sebagai hasil dari umpan balik mereka.

 

Survei pelanggan dapat memberitahu Anda hal-hal yang Anda mungkin tidak tahu, termasuk faktor manusia seperti perilaku staf. Tidak semua orang mengeluh ketika mereka tidak puas. Sebaliknya, mereka memberitahu teman mereka tentang pengalaman buruk mereka dan mengambil bisnis mereka di tempat lain . Kecuali Anda secara proaktif berkonsultasi dengan pelanggan Anda, Anda mungkin tidak pernah menemukan di mana Anda akan salah.

 

Serta meminta umpan balik, membuat program kontak pelanggan untuk memastikan Anda tetap berhubungan dengan klien Anda . Sebuah strategi kontak pelanggan yang baik akan memungkinkan Anda untuk mendengarkan pelanggan Anda dan memberitahu mereka tentang apa yang Anda tawarkan.

 

Sudah terjawab belum pertanyaan-pertanyaan Anda. Semoga dengan membaca Cara Memahami Customer Anda. Terjawab sudah masalah Anda. Terimakasih sudah mampir di Maboor Media! Semangat!