Inilah Perbedaan Marketing dan Sales Yang Harus Anda Ketahui
Inilah Perbedaan Marketing dan Sales Yang Harus Anda Ketahui

Inilah Perbedaan Marketing dan Sales Yang Harus Anda Ketahui

Hallo, salam hangat dari kami. Ayo, selama masa pandemi kalian ngapain aja nih? bingung galau atau masih bahagia dan tetap beraktivitas? Di masa pandemi ini harus tetap semangat dan jangan hanya diem dikamar, tapi tetap beraktivitas dan jangan lupa juga selalu jaga kesehatan. Sambil rebahan bisa juga nih sambil mengunjungi website kami maboormedia.web.id karena kami banyak menyediakan informasi yang pastinya membantu kalian dimasa pandemi ini.


Di artikel sebelumnya kami sudah menjelaskan mengenai Marketing Bauran Pemasaran? Nah kali ini kami akan memaparkan apasih Perbedaan Marketing dan Sales? Jika Anda sedang mencari pekerjaan dan bingung tentang perbedaan sales dan marketing, maka artikel ini sangat tepat untuk Anda ikuti karena kami akan menjelaskan nya secara lebih mendalam seperti berikut!, Langsung saja cek yuk artikelnya.

 

Dalam sebuah perusahaan tentunya memiliki setiap departemen dan bagian yang memiliki tugas masing-masing. Namun, bagian yang sering sekali menjadi perdebatan adalah apahak sales dengan marketing itu sama? Namun pada kenyataannya dua istilah tersebut berbeda.

 

Agar lebih memahami berikut merupakan perbedaan sales dan marketing:

 

  1. Pengertian

Sales adalah kegiatan yang memiliki fokus untuk berjualan suatu produk dengan tujuan meningkatkan penjualan produk saja. Sales memang bagian dari suatu perusahaan yang kegiatannya adalah menjual, memastikan produk yang terlihat ataupun tidak, aset, dan jasa bisa terjual dengan harga yang sesuai dengan rencana dari perusahaan dan juga diterima oleh konsumen. Sales hanya memperhatikan faktor promosi di pemasaran bisnis mereka.

 

Sedangkan Marketing yaitu, keseluruhan sistem dari kegiatan bisnis seperti merencanakan produk, menetapkan harga, mempromosikan produk dan mendistribusikan barang dengan tujuan untuk memuaskan konsumen. Secara singkat, sales ini merupakan penjualan dan marketing merupakan strategi untuk meningkatkan penjualannya.

 

  1. Tujuan

Perbedaan selanjutnya yang sangat terlihat mengenai tujuannya. Dalam marketing atau pemasaran, tim wajib menjaga brand image produk atau perusahaan. Sehingga keputusan konsumen untuk membeli produk karena mengetahui kualitas atau brand produk tersebut. Sedangkan, dalam bidang sales atau penjualan menjaga brand bukanlah hal yang penting. Tujuan sales adalah produk perusahaan laku terjual dan target penjualan yang telah ditetapkan terpenuhi. 


  1. Proses kerja yang tidak sama

Hal yang membedakan antara sales dengan marketing dapat kita lihat dari segi proses kerjanya. Tim sales akan menghadap langsung ke hadapan konsumen, sales bisa saja langsung datang ke lokasi calon konsumen atau pembeli, menghubungi lewat telepon, atau bisa juga bertemu pada sebuah acara atau kegiatan tertentu.

 

Di beberapa jenis perusahaan, bahkan tim sales harus melakukan pendekatan dan perlakuan yang berbeda ke tiap konsumen karena proses kerjanya memang berupa aktivitas langsung. Sedangkan marketing ini berada dibelakang sales, karena marketing sebagai tim yang melakukan analisis pasar atau mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen. Maka, perbedaan sales dan marketing ini dapat dikatakan bahwa marketing bertugas menyiapkan konsep, alat, strategi untuk membuat konsumen tertarik dan sales bertugas melayani para konsumen agar produk laku terjual.

 

  1. Aktivitas kerja dan goal

Perbedaan sales dan marketing selanjutnya yaitu ada pada aktivitas dan goal, dimana goal menjadi sebuah target yang menjadi salah satu faktor yang membedakan antara sales dan marketing. Goal seorang marketing yaitu mendapatkan konsumen, menjangkau konsumen dan membangun hubungan yang baik sehingga mereka setia.

 

Jika konsumen atau pelanggan Anda banyak maka pendapatan perusahaan juga akan meningkat. Adapun goal dari dari sales adalah melayani konsumen dan membantu mereka mendapatkan produk yang dicari. Jadi, dari keduanya  dapat disimpulkan bahwa sebenarnya sales dan marketing ini merupakan dua kegiatan yang saling berkaitan dan bersinergi.

 

Nah, Dari beberapa Perbedaan Marketing dan Sales Yang Harus Anda Ketahui yang telah kami jelaskan di atas, tentu Anda bisa mendapat gambaran tentang betapa dua divisi ini memang punya peran dan tugas yang berbeda dan tidak sama persis. Sudah terjawab kan pertanyaa Anda? Semoga informasi dari Maboor Media ini bermanfaat bagi Anda semua. Terima kasih atas waktu luangnya, sampai jjumpa lain waktu!